Sejarah Berdirinya Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) sebelumnya merupakan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat yang telah mendapat izin operasional dan status badan hukum pada tanggal 25 April 2000 serta status terdaftar di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendididkan Nasional dengan Nomor 48/D/O/2000. STBA Teknokrat merupakan salah satu institusi yang ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Teknokrat selain STMIK dan AMIK Teknokrat. Pada awalnya STBA Teknokrat memiliki satu program studi Strata Satu yaitu Sastra Inggris dan dua program studi Diploma Tiga yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Sejak tahun 2003 ketiga program studi yang ada di STBA Teknokrat telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Dari perkembangan yang pesat dan prestasi-prestasi yang telah diraih, pada tahun 2015 Yayasan Pendidikan Teknokrat mengajukan usulan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk menggabungkan STMIK, AMIK, dan STBA Teknokrat menjadi universitas. Usaha dan kerja keras Yayasan Pendidikan Teknokrat akhirnya mendapatkan hasil dengan direstuinya penggabungan STMIK-AMIK-STBA Teknokrat menjadi Universitas dengan nama Universitas Teknokrat Indonesia sesuai dengan Surat Ketetapan Kemristekdikti Nomor 494/KPT/I/2017 yang mulai berlaku tanggal 8 September 2017. Universitas Teknokrat Indonesia menyelenggarakan tiga fakultas meliputi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP).

Sesuai dengan SK Yang telah diterbitkan, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan saat ini memiliki empat Program Studi, yaitu:

  1. Program Studi Sastra Inggris
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,
  3. Program Studi Pendidikan Matematika, dan
  4. Program Studi Pendidikan Olahraga